Tuesday, September 3, 2013

Modem Speedy ; Menembus password WiFi modem Speedy

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Tulisan ini saya buat sebagai hasil evaluasi sistem keamanan jaringan pada modem Telkom Speedy, salah satu produk PT. Telkom Indonesia.

Di dalam pemikiran saya, para pembaca sudah mengetahui apa itu Telkom Speedy.

Biasanya modem Telkom Speedy disertakan fasilitas Wireless Fidellity (WiFi) sebagai alternatif pengganti koneksi selain kabel. Untuk selanjutnya WiFi yang terbaca diperangkat penerima kita namakan SSID. Pelanggan bisa merubah nama SSID ini dan memberi “password” agar tidak semua orang bisa mengakses internet melalui perangkat modemnya. Selain SSID masih ada “@wifi.id”, “GROVIA... , dan beberapa WiFi tak bernama yg tersembunyi yang fungsinya utamanya tidak begitu saya mengerti.



Disini saya tidak menggunakan OS maupun tools dengan spesifikasi khusus pentest jaringan, hanya
Chromium (Chrome nya Linux) dan Terminal (Command Line Interfaces nya Linux) di Ubuntu 12.04 LTS , salah satu distro Linux. Kenapa pake OS salah satu distro Linux ? Karena saya suka .......    he he he .......   dan jika ada yang penasaran tentang OS ini, bisa belajar dan bergabung di grub Facebook Ayo Belajar Linux .

Untuk mengetahui password wifi Telkom Speedy saya harus masuk ke jaringan modem. Ga bisa, kan WiFi SSID nya pake password !!? ...... ya pake wifi yang ga ada passwordnya.

Saya memanfaatkan @wifi.id sebagai celah untuk masuk ke sistem jaringan modem.


Untuk memastikan telah masuk ke jaringan modem, saya menggunakan Terminal (Command Line Interfaces nya Linux).



Dengan menggunakan alamat web config modem (192.168.1.1) dan user/password standar modem (admin).


Akhirnya saya bisa “mengintip” WiFi SSID beserta passwordnya.


Setelah berhasil "mengintip", saya memutuskan koneksi @wifi.id kemudian masuk dengan menggunakan SSID serta password tadi.


Cara ini saya temukan dengan ide & pemikiran sendiri meskipun mungkin sebelumnya telah ada postingan yang membahas tentang ini.

Akhirnya, bijaksana dan kedewasaan tidak ditentukan oleh umur tetapi seberapa jauh kita memahami sebuah permasalahan.

Wassalamu'alaikum Wr Wb

* Untuk yang lihat2 tolong tinggalin jejaknya ...........